Sekolah Raya

Membangun ke-Indonesia-an Melalui Jendela Pendidikan Berbasis Alam Dan Budaya

Baksos FC Mabes dan JalurBekasi di KABASA

Tidak ada komentar
Bekasi, Sabtu 25 Oktober 2014 matahari seperti biasa bersinar terik. Di Kampung Mede Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Madya Bekasi, 2 komunitas secara tak sengaja bertemu dalam agenda sosial yang sama di saung Sanggar KABASA (Karya Anak Bangsa).

Kedua Komunitas itu adalah Keluarga Besar FC MABES dan JB (JalurBekasi).

Bakti Sosial FC Mabes dan JalurBekasi di KABASA Sekolah Raya
Foto bersama 2 komunitas

Bakti Sosial FC Mabes dan JalurBekasi di KABASA Sekolah Raya
Bang Bobo menjelaskan profil FC MABES
Keluarga Besar FC MABES sebagaimana dijelaskan oleh Mas Bobo adalah komunitas yang berasal dari pengguna Flexy Chat yang sejak tahun 2006 telah sering bertemu dan berkumpul untuk kegiatan-kegiatan sosial selain kopdar. Kata MABES merupakan kependekan dari kata "Merangkul Bersama" namun dapat pula di artikan Mangga Besar dimana Mas Bobo istrinya Mbak Rita tinggal yang juga menjadi sekretariat atau tempat ngumpulnya Keluarga Besar FC MABES, Mbak Rita sendiri saat ini menjabat sebagai Ibu Ketua FC Mabes.

Saat ini FC Mabes memiliki anggota 600an di seluruh wilayah, komunikasi yang digunakan masih melalui Flexy Chat dan Grup di BBM maupun Facebook. Baksos ke Kabasa ini menurut Mbak Rita sebagai ketua FC Mabes digagas sangat mendadak, hanya memakan waktu sebulan untuk persiapan baksos, melalui berbagai sarana, agenda baksos disampaikan dan mendapat respon positif dari banyak anggota FC Mabes. Walaupun ada sebagian donatur yang belum pernah kopdar (kopi darat) dan bertatap muka langsung semua ingin berpartisipasi dalam agenda baksos ke Kabasa.

Paket bantuan dari FC Mabes lebih bersifat alat bantu belajar, mulai dari buku tulis, pensil, spidol, white board dan sebagainya sebagai bentuk dukungan kepada adik-adik di Kabasa untuk terus bersekolah. "Dalam dunia maya kami kenal, dalam dunia nyata kami merangkul bersama" ungkap Mbak Tarrisa, bendahara FC Mabes.

Bakti Sosial FC Mabes dan JalurBekasi di KABASA Sekolah Raya
Mbak Imel menjelaskan profil Komunitas JB
Selanjutnya Mbak Imel dari Komunitas JB (Jalur Bekasi) memperkenalkan sedikit tentang JB. JB (Jalur Bekasi) melalui www.jalurbekasi.com menjelaskan profilnya sebagai sebuah komunitas pengguna Commuter Line khususnya sepanjang Jalur Bekasi yang terbentuk karena keinginan yang sama antar sesama penumpang untuk mendapatkan informasi seputar perjalanan Commuter Line secara update dan live report dari sesama JB’ers baik mengenai jadwal, gangguan, dll. JB adalah komunitas “Pengguna KRL Bukan Pecinta ataupun Pemerhati KRL”

JB lahir melalui twitter @JalurBekasi pada tanggal 11 Januari 2014, yang ternyata mendapat respon positif. Jumlah follower terus bertambah dari hari ke hari hingga saat ini. JB juga menggandeng PT KCJ dengan bergabungnya salah satu Manager Pelayanan dan Keselamatan Penumpang sehingga informasi yang JB terima valid dan update. JB juga membangun komunikasi dengan beberapa KS (Kepala Stasiun).

Seiring berjalannya waktu, komunitas yang sebelumnya hanya ingin berbagi informasi dan sharing seputar jadwal dan perjalanan Commuter Line dengan umur yang belum genap satu tahun ini sudah mempunyai seabrek kegiatan salah satunya kegiatan Bakti Sosial seperti yang mereka lakukan di Sanggar KABASA

Demikian sedikit penjelasan mengenai 2 komunitas yang tanpa sengaja bertemu di Saung KABASA dalam program kegiatan Bakti Sosial. Kegiatan Baksos dibantu personil dari DTC+ (District Tiger Cikarang Plus) dan berbagai pihak. Terimakasih atas kerjasama dan bantuan semua pihak.

Album foto kegiatan selengkapnya dapat dilihat di album Facebook DI SINI.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar