Sekolah Raya

Membangun ke-Indonesia-an Melalui Jendela Pendidikan Berbasis Alam Dan Budaya

Workshop KLJ PYD

2 komentar

23 November 2014 Workshop Kamera Lubang Jarum di Pondok Yatim Daarussalam Wates Kedungjaya Babelan.

 

Sekolah Raya kembali melaksanakan Workshop Kamera Lubang (KLJ) Jarum di Pondok Yatim Daarussalam Wates Kedungjaya Babelan sebagai persiapan untuk menyamakan kompetensi softskill dan hardskill dalam membuat Kamera Lubang Jarum. Sebagai kamera, KLJ memiliki kemampuan yang sama dengan kamera pada umumnya, KLJ yang digunakan adalah kamera buatan sendiri yang lebih murah dan memiliki keterikatan dengan pembuatnya sebagai proses kreatif hasil karyanya sendiri.

Workshop Kamera Lubang Jarum di Pondok Yatim Daarussalam Wates Kedungjaya Babelan.
Dipandu Kak Nur Hasanah dan Arie Haryana dari Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) dan dari komunitas KFB (Komunitas Fotografi Bekasi) workshop berjalan dengan lancar dengan peserta sebagian besar dari PYD dan SMP Terbuka Samuderajaya.

Workshop Kamera Lubang Jarum di Pondok Yatim Daarussalam Wates Kedungjaya Babelan.
Setelah teori dasar dan pembuatan selesai masing-masing siswa dibagi beberapa kelompok dengan dipandu pembimbing kelompok untuk proses memotret pertama kalinya, dengan instruksi pengaturan jarak dan lama bukaan kamera beragam maka masing-masing siswa akan memiliki pengalaman mengukur komponen jarak dan lamanya pencahayaan.

Setelah hasil memotret telah dicetak maka pembimbing akan menjelaskan apa yang terjadi dengan media rekam berupa kertas foto sensitif cahaya untuk kemudian siswa akan diperkenankan memotret sendiri hingga berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan mereka.


Workshop KLJ PYD Sekolah RayaWorkshop KLJ PYD Sekolah Raya
Workshop KLJ PYD Sekolah RayaWorkshop KLJ PYD Sekolah Raya
Workshop KLJ PYD Sekolah RayaWorkshop KLJ PYD Sekolah Raya


Hasil foto KLJ masih berwarna hitam putih dimana bagian yang hitam adalah yang terkena cahaya dan yang berwarna putih tidak terkena cahaya, diperlukan kombinasi yang pas untuk menghasilkan gambar yang baik, jarak kamera dengan obyek dan lamanya bukaan lubang jarum dimana sinar matahari akan masuk..
Siswa SMP Terbuka Samudrajaya rata-rata menghasilkan foto-foto yang lebih baik karena ini merupakan kali kedua mereka mengikuti workshop dan merupakan penyempurnaan dari workshop sebelumnya.

Dengan workshop ini siswa diharapkan dapat memahami sistem fotografi sederhana, kreatif dalam berkarya dan pantang menyerah.

Foto kegiatan selengkapnya di Facebook Sekolah Raya

2 komentar :